Selasa, 19 Mei 2015

Tangki Fiberglass Untuk Pengolahan Air Limbah

Installasi Pengolahan Air Limbah Menggunakan Tangki Fiberglass 

Pernahkah anda mendengar mengenai tangki fiberglass? Sebelum membahas mengenai tangki fiberglass, maka anda bisa lebih lanjut mengetahui mengenai cara dari peresapan air limbah yang berasal dari toilet. Saluran limbah dari toilet yang konvensional adalah dengan menggunakan peresapan air limbah yang memanfaatkan bakteri pengurai di dalam tanah kemudian diendapkan dan disimpan di dalam tanah tersebut. Namun, peresapan limbah dengan cara semacam ini akan mencapai pada satu titik jenuh di mana kondisi kondisi dari tanah tersebut tidak mampu lagi untuk menyimpan hasil limbah karena volume dari debit air pada tanah yang sangat terpengaruh dengan jumlah curah hujan. Selain juga pengaruh dari kondisi tanah yang telah tidak memiliki karakter yang tepat sebagai resapan. Dapat juga karena tanah yang dibuat untuk tempat penyimpanan telah berubah menjadi lumpur. Apabila ini terjadi, maka perlu dilakukan penyedotan dari luar. Proses penyedotan ini selain mahal juga memberikan bau yang tidak sedap ke lingkungan sekitar pada saat dilakukan.

Tangki Air Fiberglass - Water Panel

Tangki Biosepctik dari bahan Fiberglass

Cara lain yang telah terbukti lebih efektif dengan teknologi bio yang paling baru yaitu dengan menggunakan sistem septic tank biologis yang menggunakan tangki fiberglass. Guna dari tangki fiberglass pada pengolahan limbah adalah sebagai aliran dari pengolahan limbah sehingga ketika limbah tersebut dibuang ke saluran umum, tidak ada lagi terkandung jenis kuman atau jenis bibit penyakit lainnya. Tanki fiberglass memiliki bentuk seperti tanki biasa. Yang membedakan adalah adanya sistem pengurai di dalam tangki tersebut. Untuk memasang tangki fiberglass juga sangat mudah, anda hanya perlu menggali tanah kemudian meletakkan tangki fiberglass tersebut lalu dilakukan penyambungan pipa outlet dan inlet.

Instalasi Tangki Fiberglass

Proses Pembuatan Tangki Fiberglass

Proses kerja yang terjadi dalam tangki fiberglass adalah dengan adanya proses penguraian yang memakai sistem double filter yang juga disebut dengan nama biofilterisasi. Limbah ketika masuk ke instalasi ini maka akan disaring dalam 2 tahapan proses filterisasi dan juga penguraian yang dilakukan oleh bakteri pengurai. Bakteri ini dikembangbiakkan memakai cara yaitu dengan menambahkan bibit maupun bubuk dari bakteri pengurai. Penambahan ini akan meningkatkan efektifitas dan proses penguraian dalam tangki fiberglass tersebut. Hasil akhir dari limbah ini akan berakhir menjadi cairan yang bening dan juga tidak lagi berbentuk dalam air limbah. Air yang telah bening ini akan dialirkan pada jaringan pipa outlet ke jaringan saluran umum dengan dilewatkan pada proses pembasmian hama dan kuman penyakit menggunakan cairan kimia disinfektan yang di awal telah dimasukkan pada tabung disinfektan yang menjadi bagian dari pipa outlet. Hasil akhir cairan yang telah melewati segala proses dari tangki fiberglass akan terbebas dari segala potensi kuman yang berbahaya sehingga amah lingkungan dan dapat dialirkan dengan bebas ke saluran umum.
Jika Anda tertarik untuk memesan tangki fiberglass guna pengerjaan projek installasi pengolahan air limbah ( IPAL) dan sistem pengolahan air minum (SPAM), anda dapat menghubungi kontak berikut ini :

PT Energi Putra Bangsa – Fiberglass Engineering & Manufacturing 
Jl. Cigondewah Hilir No. 99, Batu Rengat, Bandung – Tlp. : 022-6677865
0813 2194 3199 – Usep Arifin ( Fiberglass Specialist )



pesan via whatsapp