Kamis, 12 November 2015

Kolam Fiber untuk Budidaya ikan Koi

Membuat Kolam Fiber untuk Ikan Koi

Kolam fiber mulai populer akhir-akhir ini seiring dengan semakin ramainya hobi memelihara ikan hias, terutama ikan koi. Permasalahan muncul bagi penggemar ikan koi ketika harus membuat kolam ikan dengan sistem filter, kolam karantina, hingga keterbatasan lahan yang dimiliki. Untuk itu dibuatlah inovasi baru dengan membuat kolam fiberglass ikan koi.

Tahap-tahap Membuat Kolam Fiberglass Ikan Koi

Karena adanya kebutuhan kolam fiberglass untuk menempatkan ikan koi, maka dibuatlah kolam fiberglass untuk dijual di pasaran. Berikut akan dibagikan proses pembuatan kolam ikan koi dari bahan fiberglass.
  1. Merancang kolam
Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika merancang kolam fiber ikan koi adalah dimensi kolam, sistem filter, dan instalasi pipa inlet dan outlet.
  1. Pembuatan cetakan moulding
Langkah selanjutnya setelah rancangan kolam dibuat adalah membuat cetakan. Bahan untuk membuat cetakan bak fiber digunakan kayu atau triplek melamin. Bentuk bahan tersebut sesuai dengan gambar yang didesain. Setelah potongan-potongan cetakan jadi, kemudian melakukan proses finishing dengan menghaluskan bagian yang kasar.
  1. Hasil cetakan fiber
Hasil cetakan yang masih kasar tampak dari potongan-potongan bagian luar bak fiber. Kemudian pasang sistem filter pada bak fiber. Lalu pasang sekat-sekat untuk sistem filter sesuai dengan gambar rancangan.
  1. Tutup filter
Buat tutup filter untuk menutupi sistem filter yang dipasang agar tampak rapi.
  1. Sistem filter
Sistem filter dibuat dengan metode Up and Down, maksudnya semua kotoran yang ada di air akan tertahan di bagian bawah filter.
  1. Inlet dan outlet
Bagian ini dibuat untuk sirkulasi air yang masuk ke dalam kolam dan air yang masuk ke sistem filter. Inlet adalah alat untuk memasukkan air ke dalam kolam melalui pompa, sedangkan Outlet digunakan untuk saluran air dan kotoran akan masuk ke dalam sistem filter.
  1. Saluran pembuangan
Saluran ini dibuat untuk membuang air kotor yang tertahan di filter, pada masing-masing kotak filter terdapat saluran pembuangan.
  1. Penahan media
Fungsi dari bagian ini adalah untuk menahan media supaya tidak jatuh ke dasar kolam. Sehingga bagian bawah media hanya berisi kotoran yang dikeluarkan ikan koi.
  1. Finishing fiberglass
Setelah kolam fiber terbentuk, proses selanjutnya adalah merapikan bagian yang masih kasar dengan menggunakan amplas. Dilanjutkan dengan pengecatan bagian luar bak.

Jual Kolam Fiber

Silahkan bagi anda yang membutuhkan kolam fiber dapat menghubungi Bpk. Andri Kelana 0877 2200 3360 ( WhatsApp) / BBM : 5FC0696B dan anda dapat mengetahui informasi lebih lengkap untuk harga serta model kolam tersebut dengan mengunjungi halaman website berikut ini http://energiputrabangsa.co.id/produk/bak-fiber-kolam-fiber-harga-jual-pabrik
pesan via whatsapp