Rabu, 08 Juni 2016

Toilet Fiberglass Cara Pembuatan Oleh Pabrikan

Cara Pembuatan Toilet Fiberglass Bandung

Sekarang ini telah banyak toilet fiberglass dijual di pasaran. Hal ini tentu saja dikarenakan semakin banyaknya permintaan masyarakat terkait toilet yang dibuat dengan bahan fiberglass. Mengapa bahan fiberglass sangat diminati untuk pembuatan toilet? Sebab bahan ini memiliki senyawa yang anti korosi, tahan terhadap berbagai cuaca dan mudah sekali dalam perawatannya. Bahkan, sekarang ini juga mulai banyak bermunculan toilet portable yang terbuat dari bahan fiberglass. Penasaran dengan proses pembuatan toilet ini? berikut adalah ulasan lengkapnya.


Kualitas Terbaik yang Dihasilkan dari Proses Pembuatan Toilet Fiberglass Bandung

Toilet fiberglass yang baik terbuat dari bahan fiberglass berkualitas. Disamping itu, dibutuhkan pula tenaga profesional yang sudah memahami secara detail dan jelas setiap takaran bahan yang digunakan untuk membentuk sebuah bahan fiberglass menjadi toilet yang siap pakai. Sebenarnya, proses pembuatan toilet yang terbuat dari bahan fiberglass dibagi menjadi 3 tahapan, diantaranya adalah tahap mencampur bahan utama yang digunakan sebagai dasar, tahap pencampuran bahan penguat, dan terakhir tahap penyempurnaan atau bisa juga disebut finishing.

Selain itu, masih ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan toilet fiberglass. Salah satunya adalah bahan campuran penguat yang digunakan, dimana harus lebih tebal dibandingkan dengan bahan fiberglass yang digunakan. Hal ini dilakukan agar kualitas fiberglass yang dipakai semakin kuat dan tahan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dilakukan untuk pembuatan toilet fiberglass.


Proses Pembuatan Toilet Fiberglass


1. Tahap Pencampuran
Langkah pertama membuat toilet fiberglass adalah mencampur resin sebanyak 1,5 sampai dengan  2 liter dengan talk lalu diaduk rata. Jika campuran tersebut dirasa terlalu kental, Anda bisa menambahkannya dengan katalis. Namun, perlu diingat bahwa katalis yang digunakan harus disesuaikan dengan sebesar 1 : 1/40. Misalnya saja jika resin yang digunakan sebanyak 2 liter, maka katalis yang bisa dicampurkan hanya 50 cc. Hal ini dilakukan agar campuran resin tidak terlalu encer. Selain itu, pemberian katalis juga memengaruhi lambat cepatnya proses pengeringan. Selanjutnya pada campuran resin, ditambahkan bahan erosil sekitar 400 sampai 500 gram. Jangan lupa untuk menambahkan zat pewarna yang diinginkan untuk toilet fiberglass. Dicampur semua bahan-bahan tadi hingga rata. Apabila terlalu kental, tambahkan katalis sedangkan jika terlalu encer bisa ditambahkan dengan aseton.

2. Mempersiapkan cetakan
Proses dalam pembuatan toilet fiberglass selanjutnya adalah mempersiapkan cetakan toilet yang akan digunakan. Caranya, dipoles cetakan yang hendak digunakan menggunakan mirror sebagai pengkilap dan juga pelicin. Permukaan cetakan harus benar-benar dipoles dengan baik dengan cara diputar hingga merata agar mendapatkan hasil yang baik. Kemudian, ditunggu pelicin tersebut selama beberapa menit hingga kering. Agar proses pengeringan semakin cepat, cetakan dapat dijemur di bawah terik matahari. Apabila mirror telah terserap dengan baik, dilap secara perlahan permukaan cetakan menggunakan kain bersih sampai mengkilap. Selanjutnya, dioleskan PVA pada permukaan cetakan toilet fiberglass agar tidak lengket dengan campuran fiberglass.

3. Pencetakan
Langkah berikutnya dalam pembuatan toilet fiberglass adalah menuangkan campuran dasar pada cetakan sebagai olesan pertama dan ditunggu hingga setengah kering. Kemudian diletakkan selembar mat pada cetakan yang telah diolesi campuran dasar sesuai dengan kebutuhan, lalu dilapisi lagi menggunakan adonan dasar. Terakhir, cetakan toilet bisa ditunggu hingga kering.



Berikut tadi merupakan langkah-langkah yang diperlukan dalam pembuatan toilet berbahan dasar fiberglass. Bagi Anda yang ingin membeli toilet fiberglass bisa memesannya langsung pada ke Fiberglass Bandung dengan menghubungi Bpk. Andri Kelana dengan kontak 0877 2200 3360 (WA).  
pesan via whatsapp