Kamis, 21 Juli 2016

Kolam Fiber Sebagai Alternatif Pembiakan Ikan Lele

Masyarakat Indonesia merupakan kelompok masyarakat yang tinggi dalam mengonsumsi ikan. Ya, hal itu dikarenakan Indonesia merupakan negara yang dikelilingi oleh lautan, sehingga produk lautnya cukup banyak dan beragam. Ada banyak manfaat dari mengonsumsi ikan baik ikan laut maupun ikan air tawar. Salah satu ikan yang banyak dikonsumsi adalah ikan Lele. Ya, ikan Lele merupakan salah satu ikan yang dibiakan di air tawar. Pembiakan atau pemeliharaan ikan Lele cukup mudah, sehingga banyak peternak yang membiakkannya, di samping permintaan pasar yang tinggi akan ikan yang satu ini. Dalam pembiakan ikan Lele, ada beragam hal yang harus diperhatikan seperti masalah kolam. Kolam untuk ikan sendiri ada beragam pilihannya, salah satunya adalah jenis kolam fiber.

kolam fiber


Kolam Fiber Cocok untuk Pembiakan Ikan Lele

Seperti yang kita ketahui bahwa ikan Lele merupakan salah satu jenis ikan yang pertumbuhannya cukup cepat. Dengan begitu, para peternak ikan Lele bisa merasakan hasil ternaknya dalam hitungan bulan saja. Kualitas pemeliharaan pun akan berpengaruh pada hasil si ikan Lele tersebut. Terlebih dalam hal pemilihan kolam atau wadah untuk ikan Lele. Kolam fiber merupakan jenis kolam yang cocok untuk membiakkan Lele. Memang harganya cukup tinggi, tetapi kolam fiber ini memiliki banyak kelebihannya. Salah satunya adalah cocok untuk pembiakan ikan Lele. Dengan begitu, ikan Lele akan hidup dan tumbuh nyaman di dalam kolam jenis itu. Nah, jika demikian, maka hasil panen pun akan melimpah dan itu menjadi keuntungan tersendiri bagi peternak, bukan?


Pilihan Ukuran Kolam Fiber

Kolam fiber pun memiliki kelebihan lainnya yaitu terdiri dari bermacam pilihan ukuran. Nah, dengan begitu para peternak bisa menyesuaikan ukuran kolamnya dengan luas areal tempat pembiakan ikan Lele serta jumlah benih ikan Lele yang akan dibiakan dalam kolam tersebut. Bagi, peternak yang memiliki luas areal peternakan ikan Lele yang terbatas, maka bisa memilih kolam fiber yang ukurannya kecil. Namun, perlu diperhatikan bahwa saat sudah semakin tumbuh besar, maka perlu dipindahkan ke kolam yang lebih besar atau membaginya ke dalam beberapa kolam agar tidak sesak. Hal itu bisa membuat ikan Lele pertumbuhannya terhambat atau bahkan membuatnya mati.

Kolam Fiber Lebih Awet Dibanding Kolam Lainnya

Selain cocok untuk pemeliharaan ikan Lele dan juga pilihan ukuran kolam fiber yang bermacam-macam, keunggulan dari kolam ini pun adalah tahan lama atau awet. Dengan begitu, kolam yang satu ini dapat dengan aman diletakkan di luar ruangan yang mana terkena paparan matahari. Jadi, tidak masalah para peternak memilih mengembangbiakan ikan Lele di luar ruangan meskipun menggunakan kolam fiber. Agar lebih tahan lama, maka penting bagi para peternak untuk merawat kolam dengan baik. Hal tersebut pun berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup si ikan Lele. Bentuk perawatannya bisa dimulai dengan rutin membersihkan kolam.


Kolam Fiber Pilihan yang Tepat

Untuk masalah beratnya, kolam fiber ini tergolong jenis kolam yang ringan. Dengan berat yang ringan tersebut, kolam ini bisa dengan mudah dipindahkan atau istilahnya portable. Hal itu berkaitan dengan kebutuhan ikan Lele sendiri. Karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam membiakan ikan seperti halnya ikan Lele membutuhkan penyesuaian yang pas untuk pencahayaannya atau sirkulasi udaranya yang pas. Bagaimana tertarik menggunakan kolam fiber, bukan? Ya, langsung saja hubungi marketing Fiberglass Bandung atau bisa juga mengisi form yang ada di halaman contact us. 
pesan via whatsapp